Minggu, 24 Oktober 2010

RESUME BAB V PENGANTAR BISNIS MODERN


PENGERTIAN ORGANISASI
Dalam tahun 1961 presiden Jhon F. Kennedy menyatakan suatu tekat untuk mencapai tujuan pendaratan manusia di bulan sebelum akhir dekade .Pada saat itu ,belum ada orang yang mengetauhi apakah bulan dapat di darati pesawat atau manusia di bulan sebelum akhir dekade. pada saat itu belum ada orang yang mengetahui apakah bulan dapat didarati pesawat atau manusia bahkan banyakan ilmuwan  yang percaya bahwa permukaan bulan itu berdebu halus yang yang mungkin dapat menggelincirkan pesawat pendarat.
§  Apa yang Dimaksud dengan Organisasi
Banyak perusahaan yang berhasil karena bergantung pada organisasi. adanya struktur yang mapan sangat diperlukan untuk menjamin agar rencana manajer dapat dilaksanakan. Definisi organisasi menurut Boone dan Kurtz adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan. Definisi itu mencakup tiga elemen pokok yaitu: (1) interaksi manusia (2) kegiatan mengarah pada tujuan (3) stuktur.
ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL

§  Organisasi Formal
Organisasi formal adalah sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab dan pertanggungjawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi dalam penyusunan struktur organisasi formal yaitu (1) wewenang, (2) tanggung jawab, (3) pertanggungjawaban, (4) delegasi, dan (5) koordinasi.
§  Organisasi Informal
Organisasi informal adalah suatu jaringan hubungan pribadi dan sosial yang mungkin dilakukan atas dasar hubunganwewenang formal. Dalam kelompok kerja terdapat tiga kategori karyawan yaitu
1.      Anggota-anggota kelompok dalam (inner group)
2.      Anggota-anggota kelompok pinggir (fringe group)
3.      Anggota-anggota kelompok luar (out group)
§  Sentralisasi dan Desentralisasi
Organisasi yand Disentralisasi
Organisasi yang disentralisasi merupakan sebuah sistem yang wewenag serta pengendalianya dipegang suatu pusat, biasanya eksekutif puncak.
a.      kebaikan organisasi yang disentralisasi adalah
1.      Bahwa pengendalian yang efektif dapat dilakukan
2.      cenderung memperpendek jangka pengambilan keputusan
3.      memungkinkan bagi seluruh unit untuk mengikuti suatu rencana tindakan yang seragam.

a.      Keburukan organisasi yang disentralisasi
1.      Jika perusahaan berkembang dengan cepat, maka beban kerja pada eksekutif puncak terlalu banyak
2.      organisasi yang disentralisasi hanya memberi pengalaman sedikit kepada para manager muda dalam pengambilan keputusan.
Organisasi yang disentralisasikan
Manajemen yang disentralisasikan merupakan siatu usaha sistematis untuk mendelegasikan kepada jenjang bawah semua wewenag kecuali yang harus dilaksanakan pada jenjang tertinggi.
STRUKTUR ORGANISASI DAN PENYUSUNANNYA

Pembentukan struktur organisasi
Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari tiga elemen kunci setiap organisasi, yaitu
1.      Interaksi kemanusiaan
2.      Kegiatan yang terarah ke tujuan
3.      Struktur
Hierarki
Hierarki tujuan organisasi berlingkup dari tujuan perusahaan keseluruhan sampai tujuan-tujuan khusus yang ditetapkan untuk masing-masing karyawan.
Departementalisasi
Di berbagai perusahaan kegiatan ini berupa, pemasaran, pembelanjaan, dan personalia.
Wewenang dan Tanggung Jawab
Tindakan menugaskan kegiatan kepada bawahan ini disebut pendelegasian, dalam pendelegasian manajer memberikan tanggung jawab kepada bawahan untuk melaksanakan tugas-tugas yang ditugaskannya.
Berapa Banyak Bawahan yang Harus Ada di Bawah Seorang Manajer
Faktor-faktor kritis yang mempengaruhi rentangan pengendalian yang optimal
1.      Jenis pekerjaan
2.      Pelatihan karyawan
3.      Kemampuan manajer
4.      Efektifitas komunikasi
Menjamin Komunikasi yang Efektif
Komunikasi merupakan tugas yang relatif sederhana bagi organisasi kecil
Menghindari Pertumbuhan Organisasi yang Tidak Perlu
Seorang filusuf dan sejarahwan inggris bernama C. Northcote Parkinson menjelaskan kecenderungan tersebut dalam bukunya parkinson’s Law  “Pekerjaan Itu Meningkat Sedemikian Rupa Sehingga Mengisi Waktu yang Tersedia untuk Penyelesaianya.
§  Bentuk-Bentuk Struktur Organisasi
Empat pokok bentuk struktur organisasi
1.      Organisasi Garis ( line organization)
2.      Organisasi garis dan staf ( line and staf organization)
3.      Organisasi fungsional ( functional organization)
4.      Komite ( committe)
5.      organisasi matrik
ü  Organisasi Garis
Praktenya kegiatan-kegiatan organisasi grafis dapat diberikan gambaran sebagai berikut. Pada suatu hari direktur telah mengambil keputusan dan mengatakan pada kepala bagian pemasaran bahwa produk yang akan ditambah dengan satu macam produk baru. Kepala pemasaran akan segera mengadakan penelitian pasar untuk menentukan lokasi konsumen beserta tingkah lakunya, juga mempersiapkan program pengiklanan yang diperlukan.
a.       Kebaikan Organisasi Garis
Ø  Adanya kesatuan pimpinan dan perintah
Ø  pimpinan dapat lebih cepat mengambil keputusan, sebab tidak perlu membinyarakannya dengan orang lain.
Ø  pimpinan dapat lebih cepat dalam memberikan perintah.
Ø  Menghemat biaya sebab pengawasan dari berbagai kegiatan hanya dilakukan oleh seorang saja.

b.      Keburukan Organisasi Garis
Ø  Sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaan
Ø  Tidak adanya spesialisasi menyebabkan tugas yang berat bagi para petugas sehingga kurang efisien.
Ø  Kurangnya kerjasama di antara masing-masing bagian.

ü  Organisasi Garis dan Staf

a.       Kebaikan Organisasi Garis dan Staf
Ø  Pimpinan lebih leluasa dalam memberikan saran terhdap tugas khusus di luar bagiannya.
Ø  Staf dapat membantu untuk mengatasi berbagai persoalan sehingga dapat memperingan pekerjaan dan meningkatkan efisiensi kerja.
Ø  Staf dapat mendidik para petugas.
Ø  Adanya kesatuan dalam pimpinan sehingga menciptakan aliran kekuasaan dengan jelas.



b.      Keburukan Organisasi Garis dan Staf
Ø  Kadang-kadang staf tidak lagi memberi saran tetapi perintah, sehingga dapat menimbulkan pertentangan dengan manajer pada bagian yang bersangkutan.
Ø  Dapat menimbulkan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf daripada atasannya.
Ø  Staf dapat ikut disalahkan apabila saran yang diberikan tidak memperoleh hasil.

ü  Organisasi Fungsional
a.      Kebaikan Organisasi Fungsional
Ø  Masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya, sehingga terdapat keserasian antara tugas dan keahliannya.
Ø  Tugas para manajer menjadi lebih ringan dengan adanya pembagian fungsi.
b.      Keburukan Organisasi Fungsional
Ø  Membingungkan para pekerja karena tidak ada kesatuan dalam pimpinan dan perintah.
Ø  Tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan.
Ø  Kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara  cepat diatasi.
Ø  Kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan di antara para manajer.

ü  Organisasi Komite
Syarat-syarat komite
·         Suasananya santai dan bersifat informal
·         Semua anggota komite ikut ambil bagian dalam membicarakan tugas-tugasnya.
·         Komite mengetahui tentang tugas-tugas yang diberikan kepadanya.
·         Masing-masing anggota komite bersedia mendengarkan pendapat anggota yang lain.
·         Keputusan di ambil secara konsensus
·         Masing-masing anggota bebas mengemukakan pendapatnya.
·         Ketua komite tidak mempunyai kekuasaan atas yang lain.
a.      Kebaikan Komite
Ø  Merupakan sebuah forum untuk saling bertukar pendapat di antara beberapa anggotanya.
Ø  Keputusan ditentukan bersama-samasehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik.
Ø  Menciptakan koordinasi yang lebih baik.
Ø  Meningkatkan pengawasan karena macam-macam komite tersebut dapat berhubungan langsung dengan para pelaksana
b.      Keburukan Komite
Ø  Kesulitan dalam mempersiapkan pertemuan karena masing-masing anggota sibuk dengan pekerjaannya.
Ø  Keharusah untuk berkompromi
Ø  Sering menimbulkan kesimpang-siuran dalam organisasi.
Ø  Tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung saran-saran yang diberikan.

ü  Organisasi Matrik
a.      Kebaikan Organisasi Matrik
Ø  Luwes
Ø  Memberikan metode untuk memuasatkan perhatian pada masalah-masalah utama yang spesifik atau persoalan-persoalan teknis yang unik.
Ø  Memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ada.
ü  Motifasi
Ø  Teori motivasi dari maslow menekankan dua ide dasar yaitu
1.      Orang mempunyai banyak kebutuhan tetapi hanya kebutuhan-kebutuhan yang belum terpenuhi saja yang dapat mempengaruhi perilaku manusia.
2.      Kebutuhan manusia dikelompokan dalam sebuah hierarki kepentingan.
ü  Pekerjaan dan Sikap Jabatan
Beberapa penelitian antara lain dikemukakan oleh Max Weber ( seorang sosiologi Jerman, 1864-1920) yang pertama kali menggunakan istilah “Etika Protestan” dalam bukunya berjudul “Protestan Ethic and The Spirit of Capitalism” berkaitan dengan eteika kerja. Penelitian itu memperlihatkan bahwa yang dinamakan etika kerja itu tidaklah sekuat yang ada di amerika
ü  Kepemimpinan
Macam gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam perusahaan dapat membantu menciptakan“ iklim kerja”bagi karyawan. Sebagai contoh sebuah perusahaan di amerika serikat bernama texas instruments telah menciptakan iklim yang agak berbeda dari yang ada diperusahaan-perusahaan lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar