Selasa, 12 Oktober 2010

RESUME BAB II PENGANTAR BISNIS MODERN


PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN

Perusahaan tidak bisa berprinsip “semau gue” dalam mlaksanakan kegiatannya,istilah tanggung jawab sosial mnunjukan pertimbangan manajemententang pengaruh-pengaruh sosial,tanggung jawab tersebut mencakup,seperti bidang kesehatan,informasi konsumen,praktek tanpa diskriminasi, dan pemeliharaan lingkungan fisik.

§  Pengaruh Linkungan Perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstren yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan b anyak ragamnya, termasuk aspk-aspek ekonomi,politik, sosial, etika hukum, dan ekologi/fisik.
Perusahaan dalam Masyarakat yang Pluralistik
Perusahaan sangat bergantung kepada masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang di tawarkan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruhpada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan tersebut. Masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Pluralisme mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhah dan kepentingan dari berbagai organisasi.
 Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Banyak yang menyebabkan perusahaan terkesan negatif di antra lain, penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya, dan pembayaran-pembayaran yang tidak legal.
Usah-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Tentunya perusahaan tidak harus menciptakan masalah-masalah yang negatif serta perlu melaksanakan hubungan masyarakat.

LINGKUNGAN FISIK, ENERGI DAN KONSERVASI
Dari masalah-masalah ekonomi dan sosial, salah satu masalah yang paling sulit diatasi adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik, di beberapa kota di indonesia seperti di jakarta, dan surabaya sudah di rasakan semakin besar polusi udara dan air. kasus ledakan pusat listrik tenaga nuklir di chernobyl uni soviet dan kasus kebocoran pabrik peetisida union carbide di bhopal india merupakan contoh pencemaran udara yang cukup hebat dengan banyak karbon.

§  Ekologi ekologi
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan lingkungannya. Ekologi dipengaruhi tiga faktor yaitu:
1.      Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2.      perkembangan teknologi baru
3.      semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi

§  Macam-macam Polusi
Polusi merupakan linkungan alam dimana kita hidup dan bekerja, contohnya air dan udara yang sebelumnya bersih sekarang sudah tercemar.

Pencemaran Udara
Rata-rata orang menghirup udara sebanyak 35 pon per hari. jumlah itu merupakan enam kali dari jumlahm makanan dan minuman yang dikonsumsi secara normal. polusi udara dapat menyebabkan penyakiit jantung dan paru-paru, contohnya bila seseorang berada di dalam garasi tertutup menghidupkan mesin mobil, maka lama kelamaan orang tersebut mengalami sesak nafas, dan dapat menjadi lemas karena terlalu vanyak menghirup gas karbon.

Pencemaran Air
Pencemaran air di indonesia berasal dari berbagai macam sumber, seperti lingkungan industri, pemukiman dan lingkungan pertanian.

Pencemaran Sampah Awet
Di dunia ini hanya ada tiga macam tempat pembuangan sampah yaitu, bumi, air, dan angkasa. sering sampah awet seperti kaleng bekas,botol, karet, dan plastik. ditanampun tidak lekas larut dalam tanah.

§  Energi dan Konservasi
Di indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama di gunakan di samping batu bara dan air. setelah terjadi embargo minyak dunia tahun 1973 menyusul perang arab dengan israel, harga minyak terus meningkat dan orang mulai memikirkan cara-cara penghematan dan konservasi energi. beberapa tahun belakangan ini minyak terus merosot dari semula US $30 per barel menjadi US$ 9,95 per barel pada awal 1986.




LINGKUNAN PEREKONOMIAN DAN PEPAJAKAN
§  Alasan alasn bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah

Alasan alasan bagi pemerintah untuk menaikan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat .Meningkatkan pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendisi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi. di samping sebagai pusat-pusat industri byang banyak memberikan lapangan pekerjaan, juga merupakan daerah pemasaran yang baik bagi hasil-hasil industri.untuk  meningkatkan fasilitas kepada masyarakat pemerintah telah membangun taman-taman bagi keperluan rekreasi,perpustakaan,museum-museum dan sebagainya. kemajuan teknologi juga mempengaruhi penduduk,  usaha mengatasi pencemaran telah dirintismdengan jalan melkukan pengawasan higina serta sanitasi terhadap perusahaan-perusahaa, tempat-tempat berjualan maknan dan minuman.

§  Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluran pemerintah lebih besar dari penghasilannya maka akan terjadi defisit. untuk menutupi defisit ini pemerintah melakukan pinjaman kepada bank-bank,ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah, diantaranya
a.      Pajak Tidak Langsung
Contoh barang yang dikenai pajak tidak langsung yaitu, rokok, tembakau, dan sebagainya,besar pajak tersebut pada saat dijual ke masyarakat.
b.      Pajak Langsung
Pajak kekayaan aalah pajak langsung karena langsung dikenakan saat pembayaran pajak. pajak langsung dapat di golongkan menjadi tiga yaitu: pajak pendapatan(ppd), pajak perseroan (pps), dan pajak dividen.
secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat di peroleh dari
·         Pennerimaan dalam negeri, yaitu pajak langsung, pajak tidak langsung,penerimaan minyak, dan penerimaan bukan pajak.
·         Penerimaan pembangunan yaiti, bantuan progam, dan bantuan proyek
·         Pengeluaran rutin yaitu, belanja pegawai,belanja barang, subsidi daerah otonomi, bunga dan cicilan
·         Pengeluaran pembangunan yaitu sektor-sektor pertanian dan pengairan, industri dan pertambangan, tenaga listrik, perhubungan dan pariwisata, pendidikan dan kebudayaan.


LINGKUNGAN HUKUM
§  Hukum Publik
Hukum publik adalah hukum yang mengatur masalah-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum,yaitu seseorang,sekelompok orang, masyarakat dan negara. contoh hukum publik adalah hukum tata negara, hukum tata usaha, dan hukum pidana.
§  Hukum Privat
Hukum privat adalah hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat. yang termasuk dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.

LIGKUNGAN PEMERINTAH
Hubungan lingkungan perusahaan antar pemerintah menimbulkan berbagai macam kelompok usaha dan akan berpengaruh terhadap sumber-sumberyang harus digunakan. sebagai contoh suatu sistem perekonomian yang bebas akan membantu penggunaan sumber-sumber secara optimal. pemerintah telah banyak membantu kegiatan usahadalam berbagai bentuk, yaitu perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten, dan pengadaan kontrak-kontrak.
di negara amerika pemerintah telah memberikan kebebasan yang luas dalam bidang usaha. walaupun demikinkebebasan tersebut tidak absolut,karena pemerintah masih ikut campur. contoh pengenaan bea cukai importdi tunjukan untuk melindungi kegiatan usaha di dalam negeri.
§  Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
a.      Bantuan di Bidang Transportasi
bantuan di bidang transportasi sepenuhnya dikuasai oleh pemerintah yang di atur oleh perusahaan jawatan kereta api (PJKA). Sektor yang lainnya seperti angkutan udara, laut, dan darat tidak pernah lepas dari perhatian pemerintah.
b.      Bantuan Terhadap Perusahaan-perusahaan Kecil
dalam hal ini dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu:
1.      bantuan finansial
2.      bantuan pemberian kontrak
3.      bantuan teknik dan menejemen
bantuan finansial telah banyak diberikan kepada perusahaan kecil melalui lembaga-lembaga keuangan (bank).
bantuan pemberian kontrak, baik berupa jasa maupun pembelian hasil pruduksi, secara langsung dapat mendorong kegiatan pemasaran.
bantuan teknik atau manajemen diberikan kepada koperasi-koperasi
c.       bantuan di bidang komunikasi
bantuan ini meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio, televisi, telepon dan hampir seluruhnya dikuasai dan di atur oleh pemerintah


LINGKUNGAN INTERNASIONAL

Lingkungan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah kegiatan perekonomian dunia.

§  Neraca Pembayaran Internasional
neraca pembayaran ini merupakan transaksi-transaksi internasional,x kepada negara y dan jumlah utang negara y kepada x, suatu konsep penting yang berhubungan dengan neraca pembayaran adalah neraca perdagangan. contohnya suatu negara mengekspor lebih dari impornya, keadaan ini menunjukan neraca perdagangan yang menguntungkan, sebaliknya jika impor melebihi ekspor maka hasil neraca yang tidak menguntungkan
§  Perusahaan-perusahaan Multinasional (Multinational Corporation)
perusahaan-perusahaan multinasional biasanya berasal dari negara eropa,amerika, dan jepang. misalnya perusahaan mobil volkswagen dari jerman barat, sekarang menjual 67% hasil produksinya diluar jerman, nestle yang memproduksi barang makanan dan coklat, menjual 97,5% hasil produksinya keluar swis.
Di eropa telah terbentuk p-asaran bersama eropa (PBE) yang anggotanya adalah prancis, jeman barat, italia, nederland, belgia, lexemburg, dan inggris.
§  Kegitan-kegiatan Multinational
perusahaan multinasional bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya kesuatu negara tetapi juga kenegara lain. contoh perusahaan multinasional yang berada di indonesia yaitu, coca cola, toyota, sharp, mitsubhisi dan sebagainya. maksud perusahaan multinasional ke indonesia ini di dasarkan pada UUD no 1 tahun 1967, yang kemudian disempurnakan denmgan UUD No 11 Tahun 1970 tentang penanaman modal asing (PMA)


§  Ciri-ciri Perusahaan Multinsional
PBB dalam laporannya tahun 1973 mendefinisikan perusahaan multinasional adalah suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya adalah mengikuti usaha-usaha pengolaha/ manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara. pada saat laporan PBB saat itu jumlah peruswahaan multinasional diperkirakan sekitar 7300 buah
§  Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional
a.      Kebaikan Perusahaan Multinasional
Ø  menambah devisa negara melalui penanam modal dibidang eksporr
Ø  Mengurangi kebutuhan devisa untuk impor di sekitar industri
Ø  Menambah pendapat negara berupa pajak dan royallty dari perusahaan tersebut
Ø  Menambah kesempat kerja dengan membuka lapangan kerja baru
Ø  Meningkatkan taraf hidup karyawan dengan memberikan gaji lebih tinggi.
Ø  Meningkatkan kemampuan dan keterampilan tenaga kerja.
Ø  memodernisir industri
Ø  Menambah arus barang karena meningkatnya produksi nasional.
Ø  Memperluas pasar faktot-faktor produksi dalam negeri.
Ø  Ikut mendukung pembangunan nasional.
b.      Keburukan Perusahaan Multinasional
Ø  makin banyaknya perusahaan multinasional
Ø  Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara
Ø  mencari keuntungan yang sebesar-besarnya
§  Lembag-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional
a.      Export and Import Commission House
commission house adalah wakil-wakil pembeli.
b.      Merchant Exportes and Importers
merupakan penghasilan dari hasil keuntungan dalam perdagangan
c.       Manufacturer’s Export Agents
export agens bertidak sebagai departemen/ bagian export dari sebuah perusahaan
d.      Export and Import Brokers
makelar (broker) dalam kegiatan export import berusaha mempertemukan pembeli dan penjual bersama-sama
§  Perkembangan Impor dan Export Indonesia
barang-barang yang termasuk katagori bukan minyak
1.      golongan barang utama yaitu: kayu, karet, timah, minyak,kelapa sawit, kopi, tembakau, teh, dan biji kelapa sawit
2.      golongan barang lain yaitu: hewan beserta hasilnya, lada, bungkil kopra, bahan makanan, barang tambang dan lain-lain.
impor yang dilakukan di indonesia meliputi 3 macam barang yaitu:
1.      barang komsumsi terdiri atas: tepung terigu ,beras, tekstil, dan sebagainya.
2.      bahan baku dan penolong terdiri atas: cengkeh,bahan kimia, hasil dan preparat kimia, bahan cat, pupuk, kertas, benang tenun, dan sebagainya.
3.      barang modal terdiri atas: nesin-mesin, generator listrik, alat telekomunikasi, dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar