Minggu, 31 Oktober 2010

RESUME BAB VII PENGANTAR BISNIS MODERN


PENGERTIAN DAN KOMSEP PEMASARAN
§  Pengertian Pemasaran
kenyataannya ,pemasaran merupakan konsep yang menyeluruh ,sedangkan istilah yang lain tersebut haya merupakan satu bagian ,satu  kegiatan dalam sistem pemasan secara ke seluruhan .jadi ,pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang :
1.      penjual
2.      perdagangan
3.      distribusi
pengertian pasar menurut willian J.Stanton
pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang di tunjukan untuk merencanakan , menentukan harga ,dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
§  Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Pemasaran adalah salah satu jenis kegiatan ekonomi. Kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah:
1.      Produksi yang membuat barang-barang.
2.      Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut.
Faedah adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan. Perusahaan dapat menciptakan lima macam faedah yaitu:
1.      Fedah bentuk (From Utility)
2.      Faedah waktu (Time Utility)
Faedah waktu dapat diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya.
3.      Faedah Tempat (Place Utility)
Faedah tempat adalah faedah yang diciptakan untuk menyediakan produk pada tempat yang strategis.
4.      Faedah milik (Ownership Utility)
Faedah milikm diciptakan untuk mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.
5.      Faedah Informasi (Information utility)Faedah informasi diciptakan untuk memberikan informasi tentang penawaran suatu produk kepada konsumen.
§  Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
§  Pendekatan Study Pemasaran
1.       Pendekatan serba fungsi (functional approach)
fungsi pokok pemasaran yaitu:
a.       Penjualan
Penjualan ini merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju
b.      Pembelian
Fungsi pembelian bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau digunakan dalam perusahaan  dengan harga pelayanan dari penjual dalam kualitas produk tertentu.
c.       Pengangkutan
Pengangkutan merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan ketempat barang dikonsumsikan.
d.      Penyimpanan
Penyimpanan merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsi.
e.       Pembelanjaan
Pembelanjaan adalah fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.
f.       Penaggungan Risiko
Penanggungan merupakan fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan dengan pemasaran barang. Macam-macam risiko yang pasti dihadapi setiap perusahaan, risiko yang ditimbulkan oleh alam, risiko yang ditimbulkan oleh manusia, dan risiko yang ditimbulkan oleh pasar.
g.      Standarisasi dan Grading
Standarisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikasi barang-barang hasil manufactur, penentuan standarisasi yaitu, ukuran jumlah, ukuran kapasitas, ukuran fisik, dan ukuran kekuatan
Gardi adalah usaha menggolong-golongkan barang kedalam golongan standar kualitas yang disepakati didunia. Cara penggolongannya adalah, Memeriksa dan menyortir dengan panca indra, Memeriksa dan menyortir dengan alat, Memeriksa dan menyortir melalui contoh barang.
h.      Pengumpulan Informasi Pasar
Dalam fungsi ini termasuk pula pengump[ulan dan penafsiran keterangan-keterangan tentang macam barang yang beredar dipasar.
kedelapan macam fungsi pokok pemasaran dapat dimasukan kedalam tiga macam fungsi yaitu: (1. Fungsi Pertukaran), (2.Fungsi Penyedian Fisik), dan (3. Fungsi Penunjang)
2.      Pendekan serba lembaga (institutional approach)
a.       Penyedia bahan
b.      Produsen
c.       Perantara pedagang
d.      Perantara agen
e.       Perusahaan saingan
f.       Pembeli akhir
3.      Pendekatan serba barang (commodity approach)
Pendekatan serba barang  merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan study tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir.
4.      Pendekan serba manajemen ( managerial approach)
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan  pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
5.      Pendekatan serba sistem (total system approach)
 Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.
STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Salah satu fungsi pokok dalam perusahaan, pemasaran dipegang oleh seorang manajer perusahaan yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan. Manajer perusahaan membawahi jumlah individu yang dikelompokan kedalam dua sub yaitu: sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan staf penunjang, dan sub bagian penjualan umum.
PASAR
pengertian pasar menurut W.J. Stanton Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemaun untuk membelanjakannya.
§  Macam-macam Pasar
1.       Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi bukannya untuk dijual.
2.      Pasar industri adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk dipakai lagi.
3.      Pasar penjual adalah pasar yang terdiri dari individu-indivudu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi.
4.      Pasar pemeritah adalah pasar dimana terdapat lembaga pemerintah.
§  Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat heterogen.
MARKETING MIX dan PRODUK
§  Pengertian marketing mix
Makerting mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni produk, stuktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi.
§  Pengertian Barang
Barang atau produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba ataupun tidak bisa diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.
§  Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakain dan Kekongkritannya
1.      Barang Tahan Lama
2.      Barang Tidak Tahan Lama
3.      Jasa
§  Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakainnya oleh si Pemakai
A.    Barang konsumsi
1.      Barang konvenien
2.      Barang shoping
3.      Barang spesial
1.      Barang industri
barang industri dibagi beberapa macam yaitu:
a.       Bahan baku
b.      Perlengkapan operasi
c.       Instalasi
d.      Peralatan ekstra
§  Siklus Kehidupan Barang (Product Cycle)
1.      Tahap perkenalan
2.      Tahap pertumbuhan
3.      Tahap kedewasaan dan kejenuhan
4.      Tahap kemunduran
§  Merk
Brand adalah suatu nama, istilah simbol, atau disain, atau kombinasi yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari penjual untuk membedakan dari barang pesaing.
SALURAN PEMASARAN
§  Pengertian saluran distribusu
Saluran distribusiuntuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang dari produsen kekonsumen.
§  Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
Macam-macam perantra yang ada
1.      Pedagang besar
2.      Pengecer
3.      Agen
Macam-macam-macam saluran
ü  Saluran 1 yaitu behtuk saluran distribusi yang paling pendek
ü  Saluran 2 yaitu senbagai salurtan distribusi langsung
ü  Saluran 3
ü  Saluran 4
ü  Saluran 5 disini produsen memilih agenb untuk sebagai penyalurnya
ü  saluran 6 saluran distribusi barang industri dari produsen ke pemakai industri merupakan salurann yang paling pendek.
ü  Saluran 7 produsen barang-barang jenis perlengkapan operasi dan peralatan ekstra kecil dapat menggunakan distributor.
ü  Saluran 8 Saluran distribusi yang dapat dipakai perusahaan dengan pertimbangan
ü  Saluran 9 saluran ini biasa dipakai oleh produsen yang tidak memiliki departemen pemasaran
§  Saluran Distribusii Ganda
Faktor-faktor distribusi ganda
·         Jenis barang yang dipasarkan
·         Produsen yang menghasilkan produknya
·         Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
·         Pasar yang dituju
§  Perantara Saluran
Perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran yaitu:m penyimpanan, pengangkutan, dan sebagainya.
§  Pedagang Besar
Pedagang besar dapat dikelompokan menjadi
1.      Pedagang besar dengan fungsi penuh
2.      Pedagang besar dengan fungsi terbatas
§  Pengecer
Jenis-jenis pengecer
1.      General merchandise store
2.      Single line store
3.      Specialty store
§  Agen
Jenis-jenis agen
1.      Agen penjualan
2.      Agen pembelian
3.      Agen Pengangkutan
§  Jumlah Perantara dalam Saluran
1.      Distribusi intensif merupakan strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan menggunakan sebanyak mungkin penyalur.
2.      Distribusi selektif merupakan suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan menggunakan sejumlah pedagang besar.
3.      Distribusu eksklusif merupakan suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan hanya mengandalkan satu pedagang besar.
§  Distribusi Fisik
Terdapat dua masalah dalam distribusi fisik
1.      Pengangkutan
macam-macam pengangkutan
ü  penggolongan sesuai dengan metode pengangkutannya
Ø  pengangkutan dengan truk
Ø  pengangkutan dengan kereta api
Ø  angkutan dengan pipa
Ø  angkutan dengan pesawat
Ø  angkutan dengan kapal
ü  penggolongan sesuai dengan bentuk hukumnya
Ø  agen pengangkutan umum
Ø  agen pengangkutan kontrak
Ø  agen pengangkutan sendiri
Ø  perantara angkutan
2.      penyimpanan
PENENTUAN HARGA
§  Arti dan Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah uang ( ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya
§  Fakto-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
1.      Keadaan perekonomian
2.      Penawaran dan permintaan
3.      Elastisitas permintaan
4.      Persaingan
5.      Biaya
6.      Tujuan perusahaan
7.      Pengawasan pemerintah
§  Metode-metode Pendapatan Harga
1.      Penetapan harga biaya plus
2.      Penetapan harga mark-up
3.      Penetapan harga break-even
4.      Penetapan harga dalam hubungan dengan pasar
§  Politik Penetapan Harga
1.      Penetapan harga psikhologis
2.      Price lining
3.      Potongan harga
macam-macam potongan harga
Ø  Potongan kuantitas
Ø  potongan dagang
Ø  Potongan tunai
Ø  Potongan musiman
4.      Penetapan harga geografis
PROMOSI DAN PERIKLANAN
§  Promosi
kegiatan dalam promosi
1.      Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non-individu dengan sejumlah biaya melelui berbagai media
a.       tujuan periklanan
Ø  mendukung progam personal selling
Ø  mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai
Ø  pengadakan hubungan dengan penyalur
Ø  memasuki daerah pemasaran baru
b.      Jenis periklanan
Ø  Periklanan barang
Ø  Periklanan lembaga
c.       Media periklanan
Ø  Surat kabar
Ø  Majalah
Ø  Radio
Ø  Televisi
Ø  Pos langsung
d.      Biro periklanan

2.      Personal selling
3.      Promosi penjualan
4.      Publisitas dan hubungan masyarakat
PERSONAL SELLING, PROMOSI, PENJUALAN, DAN PUBLISITAS
§  Personal selling
Personal selling adalah interaksi antar individu saling bertemu muka  yang ditunjukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, hubungan pertukaran yang saling menguntungkan satu sama lain.
1.      Proses personal selling
a.       Persiapan sebelum penjualan
b.      Penentuan lokasi pembeli potensial
c.       Pendekatan pendahuluan
d.      Melakukan penjualan
e.       Pelayanan sesudah penjualan
2.      Jenis Tugas dan Salesman
a.       Trade selling dan merchandising salesman
b.      Missionary selling dan detailman
c.       Technical selling dan sales engineer
d.      New business selling dan pioneer product salesman
§  Promoso Penjualan
Dalam Promosi penjualan ini perusahaan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah, dan contoh barang.
§  Publisitas
Publisitas merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui media